ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES
ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA POSTER FILM SPIRITED
AWAY
Abstrak
Poster film
adalah salah satu media promosi untuk sebuah film. Di dalamnya terdapat
berbagai macam elemen visual, seperti gambar ilsutrasi film, warna, tipografi
dan layout pada poster film. Elemen visual yang menarik, dapat membuat
orang-orang menjadi tertarik untuk menonton film tersebut. Spirited
Away merupakan salah satu film fantasi animasi asal jepang yang rilis
pada tahun 2001. Film ini memenangkan penghargaan Oscar dalam kategori Film
Animasi Terbaik dan menjadi film animasi pertama yang meraih penghargaan dalam
kategori tersebut. Selain itu film ini juga memenangkan penghargaan Beruang
Emas pada pesta film Internasional Berlin. Pada poster film Spirited
Away, memiliki tampilan yang unik dan memiliki pesan tersembunyi
didalamnya. Oleh karena itu penelitian ini dibuat, untuk menemukan makna
dibalik poster film Spirited Away. Penelitian ini dibuat
menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk membedah tanda-tanda
menggunakan sistem denotasi, konotasi, dan mistos. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif.
PENDAHULUAN
Jepang adalah
negara yang terkenal karena memiliki aspek budaya yang cukup unik dan
menarik. Salah satu bentuk budaya populer asal Jepang yang telah mendunia adalah
anime atau animasi. Salah satu studio animasi jepang terpopuler di Jepang
adalah Studio Ghibli. Studio ini dipimpin oleh sutradara ternama Jepang, Hayao
Miyazaki ini telah didirikan sejak tahun 1985 dan berlokasi di Koganei, Tokyo,
Jepang. Animasi yang diproduksi oleh studio ini
mengangkat unsur yang imajinatif, emosional, provokatif, dan tentunya telah
mendapatkan banyak pujian yang luas di seluruh dunia. Studio Ghibli
banyak meraih beberapa penghargaan pada anime-anime yang mereka produksi. Salah
satunya adalah film Spirited Away. Film ini memenangkan penghargaan Oscar dalam kategori Film Animasi Terbaik dan
menjadi film animasi pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut.
Selain itu film ini juga memenangkan penghargaan Beruang Emas pada pesta film
Internasional Berlin.
Film Spirited
Away mengangkat tema petualangan bergenre fantasi. Film ini menceritakan tentang kisah Petualangan fantastis seorang gadis
berusia sepuluh tahun bernama Chihiro, yang menemukan dunia rahasia ketika dia
dan keluarganya tersesat dan menjelajah melalui terowongan di lereng bukit.
Ketika orang tuanya mengalami transformasi misterius, Chihiro harus menjaga
dirinya sendiri saat dia bertemu dengan roh aneh, berbagai macam makhluk, dan
penyihir pemarah yang berusaha mencegahnya kembali ke dunia manusia.
Untuk mempromosikan sebuah film dapat
dilakukan berbagai macam cara. Salah satunya dapat menggunakan media promosi
seperti poster film. Poster film adalah media komunikasi visual yang dapat
menyampaikan informasi terkait gambaran umum yang terdapat pada film kepada
calon penonton. Poster film Spirited Away yang akan diteliti
menggunakan beberapa objek dengan figure pemeran utama yaitu Chihiro yang
tampak seperti gadis petualang dengan menggunakan pakaian sederhana khas
jepang dengan pita putih yang terikat rapih pada pakaian, serta
tataan rambut yang dikuncir kuda. Pada latar belakangnya pun terlihat dengan
adanya rumah khas jepang yang terdapat pada sepanjang film Spirited
Away. Lalu
juga terlihat karakter pendukung lainnya yaitu, sepasang Babi yang merupakan
orang tua Chihiro yang telah berubah menjadi babi akibat sebuah kutukan. Dan adanya karakter
pendukung lainnya seperti para hantu yang berwujud hitam transparan yang berada
pada sekeliling rumah yang memberikan kesan mistis pada film.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah
Analisis semiotika pada poster film Spirited Away, dengan tujuan untuk
menganalisis dan menggali makna yang ada pada tanda-tanda yang terdapat pada
film Spirited Away.
METODE
PENELITIAN
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif. Dalam menganalis makna yang terdapat pada poster film Spirited Away
ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Teori semiotika mempelajari
tentang tanda. Teori semiotika Roland Barthes adalah pengembangan dari teori
Saussure yang mengatakan teori tersebut terbagi menjadi 2 bagian yaitu penanda
dan petanda. Sedangkan Roland Barthes mengembangkannya dengan istilah Two
order signification yaitu (denotasi,konotasi) dan mitos.
Teknik observasi yang dilakukan dengan cara mengamati langsung poster
film Spirited Away. Dan studi keputakaan dilakukan
dengan studi pada jurnal, dan website yang terkait pada penelitian ini.
KERANGKA TEORITIK
Semiotika Roland Barthes
Roland Barthes adalah penerus pemikiran Saussure. Menurutnya semiotika adalah ilmu yang digunakan untuk memaknai suatu tanda, yang mana bahasa juga merupakan susunan atas tanda-tanda yang memiliki pesan tertentu dari masyarakat. Roland Barthes mencetuskan model analisis tanda signifikansi menjadi dua tahap atau biasanya disebut dengan two order of signification. Kemudian, membaginya kembali menjadi denotasi dan konotasi.
Dalam
signifikansi tahap pertama, berupa hubungan antara petanda dan penanda dalam
bentuk nyata alias denotasi, yakni makna asli yang dipahami oleh kebanyakan
orang. Lalu signifikansi tahap kedua,
terdapat konotasi yang menggambarkan hubungan ketika tanda tersebut bercampur
dengan perasaan atau emosi.
HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Deskripsi karya
Studio Ghibli adalah salah satu studio animasi
terpopuler di Jepang. Studio Ghibli didirikan tahun 1985 di bawah naungan
sebuah perusahaan penerbitan bernama Tokuma Shoten. Studio ini dibentuk setelah
kesuksesan film pertama mereka, NausicaƤ of the Valley of the
Wind (1984). Studio ini dipimpin
oleh sutradara ternama Jepang, Hayao Miyazaki ini telah didirikan sejak tahun
1985 dan berlokasi di Koganei, Tokyo, Jepang.
Pada poster film animasi Spirited Away terdapat beberapa objek dengan figure pemeran
utama yaitu Chihiro yang tampak seperti gadis petualang dengan menggunakan
pakaian sederhana khas jepang dengan pita putih yang terikat rapih pada
pakaian, serta tataan rambut yang dikuncir kuda. Pada latar belakangnya pun
terlihat dengan adanya rumah khas jepang yang terdapat pada sepanjang
film Spirited Away. Lalu juga terlihat
karakter pendukung lainnya yaitu, sepasang Babi yang merupakan orang tua
Chihiro yang telah berubah menjadi babi akibat sebuah kutukan. Dan adanya karakter
pendukung lainnya seperti para hantu yang berwujud hitam transparan yang berada
pada sekeliling rumah yang memberikan kesan mistis pada poster film.

Gambar 1. Poster film Spirited away pada perilisan teater Jepang
2. Analisis Formal
Beberapa unsur visual yang terdapat
pada film yaitu warna, tipografi dan point of interest.Pemilihan warna
menggunakan warna gelap yaitu warna hitam yang lebih mendominasi pada poster
tersebut. Yang mengacu pada genre animasi film Spirited away yaitu fantasi,
misteri.
3. Interpretasi
Analisis Semiotika
Analisis semiotika pada poster Film
Spirited Away akan membahas Objek-objek yang terdapat pada poster dan juga
makna konotasi denotasi serta mitos sesuai dengan semiotika Roland Barthes.
Pada penelitian ini penulis mengambil beberapa objek yang terdapat pada poster
film Spirited Away.
1) Hantu No-Face Pada poster
.jpg)
Denotasi : Roh dari orang atau hewan yang telah mati yang menampakkan wujudnya dalam kehidupan kini
Konotasi
: Roh
yang dianggap terdapat di tempat-tempat tertentu
Mitos
: Roh penghuni desa berhantu
No-Face merupakan
karakter asli ciptaan Hayao
Miyazaki yang sebelumnya
tidak ada dalam mitologi Jepang. No-Face adalah roh kesepian yang
selalu mengikuti Chihiro di desa roh. No-Face memiliki
wujud dalam keadaan semi transparan yang memiliki tubuh fisik,
dengan memiliki kemampuan yang dapat meninggalkan jejak kaki saat ia
berjalan. No-Face hantu yang terdapat pada tempat pemandian Yubaba didesa roh.
Ia memakan makanan dan orang-orang dengan janji emas tanpa batas.
2) Babi (Orang tua Chihiro)
Denotasi : Binatang
menyusui yg bermoncong panjang, berkulit tebal, dan berbulu kasar
Konotasi
: Babi merupakan mamalia dengan
jenis omnivora yang
berarti mereka mengonsumsi apa saja baik daging maupun
tumbuh-tumbuhan.
Mitos :
Babi adalah hewan rakus yang memakan apasaja tanpa batasan
Pada film digambarkan orang tua
Chihiro yang terkena kutukan akibat memakan makanan terlarang yang ada di desa
roh sehingga tidak bisa kembali menjadi manusia dan terjebak disana.
KESIMPULAN
Kesimpulan dari hasil analisis pada
poster Spirited Away memiliki desain menarik yang menggambarkan sedikit bagian
dari bagian film animasi. Dengan menggunakan kombinasi warna yang cenderung
gelap yaitu warna hitam yang lebih
mendominasi pada poster tersebut. Yang cukup menggambarkan sesuai pada genre
animasi film Spirited away yaitu fantasi, dan misteri. selain itu juga pada
penggambaran latar tempat yang terdapat pada bagian belakang karakter utama dan
pendukung yang semakin memperjelas kesan mistis pada poster film tersebut.
REFERENSI
https://tensai-indonesia.com/industri-manga-dan-anime/
https://www.imdb.com/title/tt0245429/plotsummary/
https://www.gramedia.com/literasi/semotika/
https://ghibli.fandom.com/wiki/No-Face
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/37896/33472
Comments
Post a Comment